Kesehatan Mata yang Optimal Sebagian besar dari kita sangat menyadari lima indera yang diberikan kepada kita melalui mana kita berinteraksi dengan lingkungan kita, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan sentuhan, kan? Tetapi berapa banyak dari Anda yang benar-benar bertanya-tanya di antara yang mana yang dianggap paling berharga.

Kesehatan Mata yang Optimal

Artikel ini akan membahas bagaimana Kesehatan Mata yang Optimal Tentu saja, masing-masing indera ini sangat berharga dalam dirinya sendiri, tetapi penglihatan dianggap yang paling penting, karena ia digunakan untuk memahami sekitar 80% dari semua tayangan.

Jadi, sekarang Anda mendapatkan ide yang lebih baik tentang mengapa Anda harus merawat kesehatan mata Anda lebih serius, dan jika tidak, itu akan melukai saku Anda juga. Ingin tahu bagaimana? Izinkan saya merujuk Anda ke sebuah studi berjudul ‘Beban Ekonomi Hilangnya Penglihatan dan Gangguan Mata ‘, yang menurutnya masalah penglihatan membuat pemerintah menghabiskan sekitar banyak miliar per tahun.

Bahkan, mengabaikan perawatan mata tidak hanya memengaruhi Anda secara finansial, tetapi juga memengaruhi kualitas hidup Anda. Satu dari enam orang dewasa (berusia 45 tahun ke atas) menderita satu atau beberapa jenis masalah mata dan risiko yang terkait dengan kehilangan penglihatan hanya bertambah seiring bertambahnya usia. Menurut perkiraan pada tahun 2020, 43 juta orang akan dipengaruhi oleh penyakit mata yang berkaitan dengan usia.

Jika masalah mata seperti katarak, penglihatan rendah, degenerasi makula, glaukoma dan retinopati diabetik membuat Anda merasa ngeri, Anda lebih baik melindungi penglihatan Anda, karena sedikit perawatan mata sekarang akan sangat membantu dalam menjaga penglihatan Anda di tahun-tahun terakhir kehidupan Anda. Salah satu cara terbaik adalah mengikuti 10 tips ini untuk kesehatan mata yang optimal.

Diet Sehat Penglihatan Sehat

Ya, itu dimulai sesederhana itu; Anda adalah apa yang Anda makan dan penglihatan Anda juga. Makanan yang kaya nutrisi seperti vitamin C dan E, seng, lutein dan asam lemak omega-3 memperkuat mata Anda terhadap masalah mata yang berkaitan dengan usia seperti katarak dan degenerasi makula. Beberapa makanan hebat untuk kesehatan mata termasuk:

  • Sayuran: Sayuran hijau berdaun seperti bayam, sawi, dan kangkung
  • Ikan: Ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden, dan mackerel
  • Buah-buahan: Buah jeruk seperti lemon, jeruk bali dan jeruk
  • Sumber protein bukan daging: Telur, kacang-kacangan dan kacang-kacangan

Berhenti Merokok

Belum bisa berhenti merokok? Perlu motivasi tambahan? Bagaimana dengan tidak mendapatkan katarak, degenerasi makula, dan uveitis.  Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan perokok terkena dampak dari kondisi mata yang melemahkan ini meningkat dua kali lipat menjadi tiga kali lipat. Jadi, di sini adalah bagi Anda yang menyukai penglihatan mereka lebih dari sebatang rokok.

Bagaimana Menjaga Mata agar Tetap Optimal?

Nuansa Bermanfaat

Jika Anda menganggap kacamata hitam sebagai aksesori fesyen belaka, pikirkan lagi. Sepasang warna yang tepat dapat membantu Anda menghindari katarak, degenerasi makula, dan pinguecula dengan menghalangi sinar UV (ultraviolet) berbahaya matahari. Sepasang kacamata hitam pelindung UV dapat menghalangi 99 – 100% sinar UV berbahaya. Jika Anda bertanya-tanya, lensa kontak perlindungan UV juga tersedia.

Jangan Meremehkan Kekuatan Kacamata Pelindung

Kacamata pengaman sangat dianjurkan jika Anda terpapar pada beberapa jenis bahan berbahaya di udara di tempat kerja atau bahkan di rumah. Tidak hanya itu, gunakan kacamata pelindung jika Anda menyukai olahraga seperti hoki es, lacrosse, atau squash / racquetball.

Hindari Paparan Berlebihan ke Layar Komputer

Selain menyebabkan sakit leher, punggung, dan bahu, menatap layar komputer / telepon terlalu lama dapat memengaruhi kesehatan mata Anda. Beberapa masalah mata yang bisa Anda dapatkan dari paparan berlebihan ke layar komputer / ponsel meliputi:

  • Ketegangan mata
  • Mata kering
  • Pandanganyangkabur
  • Masalah fokus jarak jauh

Beberapa tindakan perlindungan meliputi:

  • Memperbarui kacamata atau resep kontak Anda untuk paparan layar
  • Mencari perawatan medis yang tepat jika mata berkepanjangan dan mempertimbangkan kacamata komputer untuk penggunaan computer
  • Memilih kursi suportif yang nyaman dan menempatkannya di tempat kaki Anda terbentang rata di lantai
  • Berkedip lebih banyak jika mata Anda mongering
  • Mengikuti aturan 20-20-20 di mana Anda mengistirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat sejauh 20 kaki selama 20 detik terus menerus
  • Beristirahat 15 menit setiap 2 jam dan bangun dari kursi Anda juga disarankan
  • Mencari bantuan low vision untuk melawan kehilangan penglihatan.

Menggabungkan Istirahat Berkedip

Jangan hanya menyalahkan komputer dan layar ponsel untuk kelelahan mata. Buku dan dokumen tertulis juga dapat menyebabkan kelelahan mata ketika dilihat dalam waktu yang lama. Jadi, pastikan Anda mengangkat kepala, memalingkan muka dari dokumen dan hanya mengedipkan mata selama beberapa detik untuk meredakan ketegangan.

Konsultasikan dengan Dokter Mata Secara Teratur

Jangan pernah meremehkan pentingnya pemeriksaan mata secara teratur. Mata Anda perlu perawatan khusus karena mereka adalah salah satu organ paling canggih di tubuh Anda. Menemukan penyakit mata seperti glaukoma cukup menantang. Hanya seorang spesialis mata yang dapat melakukannya dengan tepat menggunakan pengetahuan, pengalaman, alat dan teknik yang diperlukan.

Para ahli merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan mata komprehensif setidaknya setiap dua tahun sekali. Beberapa komponen penting dari pemeriksaan mata komprehensif mungkin termasuk:

  • Tes penglihatan untuk menentukan rabun jauh / rabun jauh, presbiopia (perubahan penglihatan karena proses penuaan), astigmatisme (penglihatan kabur yang disebabkan oleh kornea melengkung)
  • Tes untuk menentukan koordinasi antara kedua mata
  • Tes tekanan saraf dan mata optik untuk menemukan glaucoma
  • Pemeriksaan mata mikroskopis dan eksternal sebelum dan sesudah dilatasi

Waspadai Masalah Mata – Cari Tanda

Mengunjungi dokter mata secara berkala adalah rutinitas yang baik untuk diikuti, tetapi jangan hanya mengandalkan itu; kesehatan mata Anda dipertaruhkan. Waspadai penglihatan Anda dan teruslah mencari perubahan apa pun dalam visi Anda. Beberapa bendera merah yang harus dicari termasuk:

  • Visi kabur
  • Visi ganda
  • Masalah melihat dalam kondisi cahaya rendah
  • Mata merah untuk periode waktu yang lama
  • Nyeri dan pembengkakan mata yang konstan
  • Floaters
  • Kilatan cahaya yang sering

Jika salah satu dari tanda dan gejala ini muncul, segera konsultasikan dengan dokter mata Anda untuk penyelidikan terperinci terhadap masalah tersebut.

Apa yang Menyebabkan Mata Kurang Optimal?

Pertimbangkan Sejarah Kesehatan Keluarga Anda

Dari semua faktor lain, Anda mungkin juga tidak beruntung untuk mendapatkan penyakit mata yang tidak diinginkan, karena banyak penyakit mata mengelompok dalam keluarga. Misalnya, riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi atau diabetes berarti peningkatan risiko menderita penyakit mata. Jadi, perhatikan riwayat penyakit mata keluarga Anda dengan serius dan diskusikan dengan dokter mata Anda untuk menghindari menjadi korban yang tidak curiga.

Udara Segar

Manfaat udara segar tidak terbatas pada paru-paru dan jantung. Udara segar secara langsung memasok oksigen ke kornea mata Anda, karena mereka kekurangan mekanisme suplai oksigen sendiri. Jadi, pastikan untuk membiarkan mata Anda menyerap sebanyak mungkin udara segar.

Hindari Menggosok Mata Anda

Anehnya, sebagian besar orang tampaknya memelihara kebiasaan menggosok mata mereka setiap menit. Bagi banyak dari mereka, menggosok mata berubah menjadi kebiasaan yang menjengkelkan, yang cukup merusak kesehatan mata. Anda perlu menyadari bahwa sebagian besar waktu tangan Anda ditutupi oleh sejumlah kuman yang bertanggung jawab atas berbagai jenis penyakit dan infeksi.

Jadi, lebih baik jika Anda menyingkirkan kebiasaan tidak sehat ini, tetapi jika Anda tidak bisa, pastikan untuk menjaga tangan Anda sebersih mungkin. Anda bisa menggunakan apa saja mulai dari sabun hingga pembersih, jaga kebersihannya jika Anda tidak bisa berhenti mengoleskannya ke mata Anda.

Menempel Produk Berkualitas Jika Riasan Mata Adalah Hal Anda

Yang benar adalah bahwa menggosokkan tangan yang sarat penyakit ke mata Anda bukanlah satu-satunya cara untuk menyakiti mereka, riasan mata juga dapat bermanfaat, terutama jika Anda tidak sadar akan kualitas. Bakteri berbahaya dapat tumbuh subur di banyak tempat yang tidak terduga, termasuk maskara yang Anda pakai dan ujung pensil liner yang Anda gunakan untuk mempercantik mata Anda.

Jangan menempel dengan tabung maskara yang sama selama lebih dari 3 bulan dan jangan lupa untuk mengasah ujung pensil liner favorit Anda. Selalu lebih suka merek berkualitas saat membeli riasan mata untuk mempertahankan dan menikmati mata yang sehat selama mungkin.

Berhati-hatilah dengan Kontak Anda

Tentu saja, saya tidak berbicara tentang kontak yang tersimpan di daftar kontak ponsel Anda, itu adalah lensa kontak Anda yang harus ekstra hati-hati. Jika Anda yakin Anda sudah merawat kontak Anda dengan baik, pikirkan lagi, karena sebuah penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa sekitar 85% pengguna lensa kontak salah percaya bahwa mereka cukup berhati-hati dengan kontak mereka.

Hanya 2% dari mereka yang benar-benar memenuhi syarat. Jadi, ikuti pedoman resep dengan seksama saat menangani kontak Anda alih-alih (konon) membersihkannya dengan segala sesuatu mulai dari air liur hingga air keran atau baby oil jika Anda ingin menjaga mata Anda tetap sehat dan sebebas mungkin dari penyakit.

Hindari Udara Kering

Merapikan rumah Anda selama musim dingin juga bisa menjadi penyebab yang tidak mungkin jika mata kering telah mengganggu Anda akhir-akhir ini. Pelembab bisa sangat membantu dalam skenario seperti itu, menambahkan beberapa kelembaban yang sangat dibutuhkan untuk membantu mata Anda tetap terhidrasi.

Bagaimana Mejaga Mata Tetap Optimal ?

Tetap Terhidrasi

Berbicara mata kering, dehidrasi juga bisa menyebabkannya. Tubuh manusia sangat bergantung pada air agar berfungsi dengan lancar. Jika Anda tidak sadar tentang tingkat cairan dalam tubuh Anda, produksi air mata di mata Anda juga terpengaruh di antara banyak komplikasi lain, yang menghasilkan mata kering. Cukup, tetap terhidrasi untuk menjaga mata Anda dari masalah.

Tidur Nyenyak

Mata Anda juga bisa mendapat masalah jika Anda terbiasa melewatkan tidur secara teratur. Tidur yang cukup memastikan mata Anda cukup istirahat dan bebas dari ketegangan.

Membagikan Handuk Bukan Ide yang Baik

Menjadi dermawan adalah satu hal dan berbagi handuk adalah hal yang sama sekali berbeda. Ini lebih seperti memilih di antara keduanya, karena berbagi handuk muka dan pencuci berarti membuat mata Anda rentan terhadap infeksi mata menular seperti konjungtivitis (atau mata merah muda).

Hindari Konsumsi Kopi Berlebihan

Sejujurnya, itu paling menyakitkan saya juga, tapi saya masih lebih suka mata yang sehat. Jika pikiran tentang cangkir beruap di depan Anda setiap sore terlalu kuat untuk dilawan, cobalah mengganti kopi dengan teh hijau. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, teh hijau juga dikenal sebagai sumber katekin, yang bersama dengan antioksidan lainnya (seperti vitamin C, vitamin E, zeaxanthin dan lutein) membantu mata melawan berbagai masalah mata termasuk katarak dan AMD.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengatasi Typoid Dengan Tepat

Yang Lebih Cepat yang Lebih Baik

Untuk menjaga Kesehatan Mata yang Optimal Pengaturan waktu adalah hal yang tidak dapat dipungkiri ketika datang untuk merawat kondisi mata paling serius seperti AMD dan glaukoma. Semakin cepat mereka didiagnosis, semakin tinggi kemungkinan untuk merawatnya dengan sukses. Jadi, mulailah berkonsultasi dengan dokter mata Anda secara teratur sebelum terlambat.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *