Menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran yang direkomendasikan oleh dokter Anda bisa jadi sulit. Itu karena banyak hal yang membuat kadar gula darah Anda berubah, kadang-kadang secara tak terduga. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

Menjaga kadar gula darah

Artikel ini akan memberikan tips bagaimana Menjaga kadar gula darah. salah satu cara yang dapat anda lakukan antara lain dengan :

Makanan

Makan sehat adalah landasan hidup sehat – dengan atau tanpa diabetes. Tetapi jika Anda menderita diabetes, Anda perlu tahu bagaimana makanan mempengaruhi kadar gula darah Anda. Bukan hanya jenis makanan yang Anda makan tetapi juga seberapa banyak Anda makan dan kombinasi jenis makanan yang Anda makan.

Pelajari tentang penghitungan karbohidrat dan ukuran porsi. Kunci dari banyak rencana manajemen diabetes adalah belajar bagaimana cara menghitung karbohidrat. Karbohidrat adalah makanan yang sering memiliki dampak terbesar pada kadar gula darah Anda. Dan bagi orang yang menggunakan insulin waktu makan, penting untuk mengetahui jumlah karbohidrat dalam makanan Anda, sehingga Anda mendapatkan dosis insulin yang tepat.

Buat setiap makan seimbang. Sebisa mungkin, rencanakan setiap makan untuk memiliki campuran pati, buah-buahan dan sayuran, protein dan lemak yang baik. Sangat penting untuk memperhatikan jenis karbohidrat yang Anda pilih. Beberapa karbohidrat, seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, lebih baik untuk Anda daripada yang lain. Makanan ini rendah karbohidrat dan mengandung serat yang membantu menjaga kadar gula darah Anda lebih stabil.

Bicaralah dengan dokter, perawat, atau ahli diet tentang pilihan makanan terbaik dan keseimbangan jenis makanan yang tepat. Koordinasikan makanan dan obat-obatan Anda. Makanan yang terlalu sedikit sebanding dengan obat diabetes Anda terutama insulin dapat mengakibatkan rendahnya kadar gula darah (hipoglikemia).

Terlalu banyak makanan dapat menyebabkan kadar gula darah Anda naik terlalu tinggi (hiperglikemia). Bicaralah dengan tim perawatan kesehatan diabetes Anda tentang cara terbaik mengoordinasikan jadwal makan dan pengobatan. Hindari minuman yang dimaniskan dengan gula. Minuman yang dimaniskan dengan gula  termasuk yang dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa tinggi atau sukrosa – cenderung tinggi kalori dan menawarkan sedikit nutrisi.

Dan karena mereka menyebabkan gula darah naik dengan cepat, yang terbaik adalah menghindari minuman jenis ini jika Anda menderita diabetes. Pengecualiannya adalah jika Anda mengalami kadar gula darah rendah. Minuman yang dimaniskan dengan gula, seperti soda, jus, dan minuman olahraga, dapat digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk meningkatkan gula darah dengan cepat yang terlalu rendah.

Apa yang bisa saya lakukan ?

Olahraga

Aktivitas fisik adalah bagian penting lain dari rencana manajemen diabetes Anda. Saat berolahraga, otot Anda menggunakan gula (glukosa) untuk energi. Aktivitas fisik yang teratur juga membantu tubuh Anda menggunakan insulin lebih efisien. Faktor-faktor ini bekerja sama untuk menurunkan kadar gula darah Anda. Semakin berat latihan Anda, semakin lama efeknya berlangsung.

Bicaralah dengan dokter Anda tentang rencana olahraga. Tanyakan kepada dokter Anda tentang jenis olahraga apa yang cocok untuk Anda. Secara umum, sebagian besar orang dewasa harus berolahraga setidaknya 30 menit sehari pada sebagian besar hari dalam seminggu. Jika Anda sudah lama tidak aktif, dokter Anda mungkin ingin memeriksa kesehatan Anda secara keseluruhan sebelum memberi tahu Anda. Ia dapat merekomendasikan keseimbangan yang tepat dari latihan aerobik dan penguatan otot.

Pertahankan jadwal latihan. Bicaralah dengan dokter Anda tentang waktu terbaik hari bagi Anda untuk berolahraga sehingga rutinitas latihan Anda terkoordinasi dengan jadwal makan dan pengobatan Anda. Ketahui nomor Anda. Bicaralah dengan dokter Anda tentang kadar gula darah yang sesuai untuk Anda sebelum Anda mulai berolahraga.

Periksa kadar gula darah Anda. Periksa kadar gula darah Anda sebelum, selama dan setelah berolahraga, terutama jika Anda menggunakan insulin atau obat-obatan yang menurunkan gula darah. Olahraga dapat menurunkan kadar gula darah Anda bahkan sehari kemudian, terutama jika aktivitas itu baru bagi Anda, atau jika Anda berolahraga pada tingkat yang lebih intensif. Waspadai tanda-tanda peringatan gula darah rendah, seperti perasaan goyah, lemah, lelah, lapar, pusing, mudah marah, cemas atau bingung.

Jika Anda menggunakan insulin dan kadar gula darah Anda di bawah 100 miligram per desiliter (mg / dL), atau 5,6 milimol per liter (mmol / L), makanlah kudapan kecil sebelum mulai berolahraga untuk mencegah kadar gula darah rendah.

Tetap terhidrasi. Minumlah banyak air atau cairan lain saat berolahraga karena dehidrasi dapat memengaruhi kadar gula darah.Dipersiapkan. Selalu bawa camilan kecil atau tablet glukosa bersama Anda selama berolahraga jika kadar gula darah Anda turun terlalu rendah. Kenakan gelang identifikasi medis saat berolahraga.

Sesuaikan rencana perawatan diabetes Anda sesuai kebutuhan. Jika Anda menggunakan insulin, Anda mungkin perlu mengurangi dosis insulin Anda sebelum berolahraga, atau menunggu beberapa saat setelah latihan untuk menyuntikkan insulin. Dokter Anda dapat memberi tahu Anda tentang perubahan yang sesuai dalam pengobatan Anda. Anda juga mungkin perlu menyesuaikan perawatan jika Anda telah meningkatkan rutinitas olahraga Anda.

Obat

Insulin dan obat diabetes lainnya dirancang untuk menurunkan kadar gula darah Anda ketika diet dan olahraga saja tidak cukup untuk mengelola diabetes. Tetapi efektivitas obat-obatan ini tergantung pada waktu dan ukuran dosis. Obat yang Anda gunakan untuk kondisi selain diabetes juga dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

Simpan insulin dengan benar. Insulin yang disimpan dengan tidak benar atau melewati tanggal kedaluwarsanya mungkin tidak efektif. Insulin sangat sensitif terhadap suhu yang ekstrem. Laporkan masalah ke dokter Anda. Jika obat diabetes Anda menyebabkan kadar gula darah Anda turun terlalu rendah atau jika secara konsisten terlalu tinggi, dosis atau waktu mungkin perlu disesuaikan.

Berhati-hatilah dengan obat baru. Jika Anda mempertimbangkan obat yang dijual bebas atau dokter Anda meresepkan obat baru untuk mengobati kondisi lain seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi – tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda apakah obat tersebut dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda. Selalu periksa dengan dokter Anda sebelum mengambil obat bebas yang baru dijual, sehingga Anda tahu bagaimana hal itu dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda.

Bagaimana saya mengatasinya ?

Penyakit

Ketika Anda sakit, tubuh Anda menghasilkan hormon yang berhubungan dengan stres yang membantu tubuh Anda melawan penyakit, tetapi mereka juga dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Perubahan nafsu makan dan aktivitas normal juga dapat mempersulit manajemen diabetes.

Rencanakan ke depan. Bekerja dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk membuat rencana hari sakit. Masukkan instruksi tentang obat apa yang harus diminum, seberapa sering mengukur kadar gula darah dan keton urin Anda, bagaimana menyesuaikan dosis obat Anda, dan kapan harus menghubungi dokter Anda.

Terus minum obat diabetes Anda. Namun, jika Anda tidak dapat makan karena mual atau muntah, hubungi dokter Anda. Dalam situasi ini, Anda mungkin perlu menyesuaikan dosis insulin Anda atau berhenti minum obat sementara karena risiko hipoglikemia.

Tetap berpegang pada rencana makan diabetes Anda. Jika bisa, makan seperti biasa akan membantu Anda mengontrol kadar gula darah. Simpanlah persediaan makanan yang mudah di perut Anda, seperti agar-agar, kerupuk, sup, dan saus apel. Minumlah banyak air atau cairan lain yang tidak menambah kalori, seperti teh, untuk memastikan Anda tetap terhidrasi.

Alkohol

Hati biasanya melepaskan gula yang disimpan untuk mengatasi penurunan kadar gula darah. Tetapi jika hati Anda sibuk memetabolisme alkohol, kadar gula darah Anda mungkin tidak mendapatkan dorongan yang dibutuhkan dari hati Anda. Alkohol dapat menyebabkan gula darah rendah tak lama setelah Anda meminumnya dan selama 24 jam lebih.

Dapatkan dokter Anda boleh minum alkohol. Alkohol dapat memperburuk komplikasi diabetes, seperti kerusakan saraf dan penyakit mata. Tetapi jika diabetes Anda terkendali dan dokter setuju, sesekali minuman beralkohol baik-baik saja. Konsumsi alkohol moderat didefinisikan sebagai tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dari segala usia dan pria berusia di atas 65 tahun dan dua gelas sehari untuk pria di bawah 65 tahun. Satu minuman sama dengan bir 12 ons, 5 ons anggur atau 1,5 ons roh suling.

Jangan minum minuman beralkohol saat perut kosong. Jika Anda menggunakan insulin atau obat diabetes lainnya, pastikan untuk makan sebelum Anda minum atau minum dengan makanan untuk mencegah gula darah rendah.

Pilih minuman Anda dengan hati-hati. Bir ringan dan anggur kering memiliki lebih sedikit kalori dan karbohidrat daripada minuman beralkohol lainnya. Jika Anda lebih suka minuman campuran, mixer bebas gula – seperti diet soda, diet tonic, club soda atau seltzer – tidak akan meningkatkan gula darah Anda.

Hitung kalori Anda. Ingatlah untuk memasukkan kalori dari alkohol apa pun yang Anda minum dalam jumlah kalori harian Anda. Tanyakan kepada dokter atau ahli gizi bagaimana memasukkan kalori dan karbohidrat dari minuman beralkohol ke dalam rencana diet Anda.

Periksa kadar gula darah Anda sebelum tidur. Karena alkohol dapat menurunkan kadar gula darah lama setelah Anda minum terakhir, periksa kadar gula darah Anda sebelum tidur. Jika gula darah Anda tidak di antara 100 dan 140 mg / dL (5,6 dan 7,8 mmol / L), makanlah sebelum makan malam untuk mengimbangi penurunan kadar gula darah Anda.

Jika saya perempuan, bagaimana mengatasinya ?

Menstruasi dan menopause

Perubahan kadar hormon seminggu sebelum dan selama menstruasi dapat menyebabkan fluktuasi kadar gula darah yang signifikan. Dan dalam beberapa tahun sebelum dan selama menopause, perubahan hormon dapat menyebabkan variasi kadar gula darah yang tidak terduga yang menyulitkan manajemen diabetes.

Cari polanya. Lacak pembacaan gula darah Anda dari bulan ke bulan. Anda mungkin dapat memprediksi fluktuasi yang terkait dengan siklus menstruasi Anda. Sesuaikan rencana perawatan diabetes Anda sesuai kebutuhan. Dokter Anda dapat merekomendasikan perubahan dalam rencana makan Anda, tingkat aktivitas atau obat diabetes untuk mengganti variasi gula darah.

Periksa gula darah lebih sering. Jika Anda kemungkinan mendekati menopause atau mengalami menopause, bicarakan dengan dokter Anda apakah Anda perlu memantau kadar gula darah Anda lebih sering. Gejala menopause kadang-kadang dapat dikacaukan dengan gejala gula darah rendah, jadi bila memungkinkan, periksa gula darah Anda sebelum mengobati yang diduga rendah untuk mengkonfirmasi kadar gula darah yang rendah.

Menekankan

Jika Anda stres, hormon yang diproduksi tubuh Anda sebagai respons terhadap stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah Anda. Selain itu, mungkin akan lebih sulit untuk mengikuti rutinitas manajemen diabetes yang biasa jika Anda berada di bawah banyak tekanan.

Cari polanya. Catat tingkat stres Anda dalam skala 1 hingga 10 setiap kali Anda mencatat kadar gula darah. Sebuah pola akan segera muncul. Mengontrol. Setelah Anda tahu bagaimana stres memengaruhi kadar gula darah Anda, balas balik. Pelajari teknik relaksasi, prioritaskan tugas Anda dan tentukan batasannya. Kapan pun memungkinkan, hindari stresor umum. Olahraga seringkali membantu menghilangkan stres dan menurunkan kadar gula darah Anda.

Mendapatkan bantuan. Pelajari strategi baru untuk mengatasi stres. Anda mungkin menemukan bahwa bekerja dengan psikolog atau pekerja sosial klinis dapat membantu Anda mengidentifikasi pemicu stres, memecahkan masalah yang membuat stres, atau mempelajari keterampilan koping yang baru.

Baca Juga : Tips Untuk Kesehatan Mata Yang Optimal

Semakin banyak Anda tahu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kadar gula darah Anda, semakin Anda dapat Menjaga kadar gula darah serta mengantisipasi fluktuasi – dan rencanakan dengan tepat. Jika Anda kesulitan menjaga kadar gula darah dalam kisaran target Anda, minta bantuan tim perawatan kesehatan diabetes Anda.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *